Tujuan program pendidikan sarjana bidang Teknik sipil pada Program Sarjana (S1) Program Studi Teknik Sipil, JTIK ITERA tidak lepas dari tujuan Program Pendidikan Sarjana Teknik seperti yang tercantum dalam Pasal 1 Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor:218/U/1995, yaitu menghasilkan Sarjana Teknik yang berkualifikasi:

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Ilmu Teknik,
  2. Memiliki pengembangan kepemimpinan, dan penumbuhan rasa etika professional,
  3. Memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi setelah menyelesaikan pendidikan sarjana,
  4. Mampu menghadapi situasi-situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana Teknik yang berdasarkan prinsip-prinsip fundamental secara mandiri, disertai percaya diri dan pertimbangan yang mantap,
  5. Mampu memotivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara intelektual, sosial, dan kultural, serta,
  6. Mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam Teknik dan pemikiran analitis yang tertib sewaktu merumuskan masalah, merencanakan masalah, menyederhanakan masalah tanpa kehilangan sifat kekhususannya. 

Pendidikan sarjana teknik sipil dirumuskan untuk memiliki profi lulusan:

  1. Membentuk lulusan dengan kemampuan teknik dan manajerial yang memadai agar dapat berkarir dengan baik dalam bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan, operasi dan perawatan suatu konstruksi sipil, serta diterima mengikuti pendidikan lanjut dan menyelesaikannya dengan baik.
  2. Memberikan dasar yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil, termasuk di bidang rekayasa struktur dan konstruksi, rekayasa geoteknik, rekayasa sumber daya air, rekayasa transportasi, maupun manajemen dan rekayasa konstruksi.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan dalam upaya-upaya perbaikan di lingkungan komunitasnya berbekal ilmu teknik sipil yang dimilikinya. Kurikulum program studi Teknik Sipil ini direncanakan secara khusus untuk memenuhi tantangan pendidikan dengan menitikberatkan pada pengetahuan dasar, keahlian yang mudah dikembangkan, dan konsep belajar sepanjang hayat.