Panduan Tugas Akhir

Berdasarkan surat edaran Standar Operasional Prosedur tentang Pelaksanaan Tugas akhir pada Institut Teknologi Sumatera Nomor : B/3460/IT9.A1/TA.00.03/2020, tugas akhir merupakan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan penelitian lapangan, kerja laboratorium, pemodelan komputasi, pembuatan rancang bangun dan/atau kepustakaan untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana di Institut Teknologi Sumatera.

Cakupan TA meliputi penyusunan proposal masalah, seminar proposal, penyelesaian masalah dan seminar hasil (sidang TA). karya tulis ilmiah yang disusun secara mandiri oleh mahasiswa program Sarjana (S1) dibawah pengarahan dosen pembimbing. Tugas akhir disusun untuk memenuhi sebagian
persyaratan kelulusan program S1.

Semua bentuk karya tulis ilmiah mempunyai sistematika yang sama, namun sering dijumpai panduan penulisan yang nampak berbeda. Sebagai karya ilmiah, Tugas Akhir (TA) harus disusun sesuai kaidah yang berlaku, baik dari segi teknik penulisan maupun bahasa yang digunakan.

Panduan penulisan disusun untuk memudahkan mahasiswa menulis Tugas Akhir. Buku panduan penulisan ini memuat garis besar tata cara penulisan karya ilmiah yang menjadi standar penulisan Tugas Akhir mahasiswa Program Studi Teknik Sipil ITERA.