KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa dan civitas akademik melalui kegiatan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa tidak hanya menjadi kesempatan untuk belajar dari masyarakat namun juga dapat memberi pengaruh positif dan aktif dalam pengembangan masyarakat sehingga memberikan warna baru dalam pembangunan masyarakat. Kegiatan KKN dikemas dengan sebuah tema dan dirancang untuk mengatasi permasalahan riil yang dihadapi masyarakat (tematik) melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplin dan pemberdayaan sumberdaya lokal. Dalam pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa harus bekerja bersama masyarakat dan pemangku kepentingan dan masyarakat diposisikan sebagai subjek/pelaku/agen penting dalam proses penyelesaian suatu masalah atau kegiatan pembangunan. Dalam kegiatan penyelesaian masalah dan pembangunan di tengah masyarakat, mahasiswa sebagai peserta KKN berperan sebagai motivator, dinamisator, inovator, dan fasilitator bagi masyarakat yang didampingi.

Proses demikian akan mendorong proses pembelajaran timbal balik antara mahasiswa dan masyarakat sehingga soft skills dari setiap orang terlibat dalam kegiatan ini akan terbangun antara lain berupa:

  1. Kepekaan penghayatan kemanusiaan,
  2. Pengabdian/kepedulian kepada masyarakat,
  3. Kemampuan berbagi pengetahuan dan pengalaman pengabdian,
  4. Pengembangan/penemuan pengetahuan baru,
  5. Kemampuan leadership (kepemimpinan), Enterpreneurship dan kerjasama (team work)

Pelaksanaan KKN Institut Teknologi Sumatera akan dilaksanakan setiap akhir semester. Selain sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa ITERA, KKN juga merupakan salah satu syarat kelulusan Sarjana bagi seluruh mahasiswa ITERA. Pelaksanaan KKN ITERA juga diharapkan menjadi wadah pembekalan mahasiswa ITERA untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam hal pengembangan dan pembangunan masyarakat sebelum mereka dikembalikan nantinya ke masyarakat setelah lulus kuliah.

Tujuan dari pelaksanaan KKN adalah:

  1. Meningkatkan rasa empati dan kepedulian mahasiswa.
  2. Mendewasakan pola pikir mahasiswa dalam setiap menganalisis dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.
  3. Melatih menanamkan nilai kepribadian.
  4. Menguasai berbagai cara berfikir dan bekerja multidisipliner dan lintas sektoral.
  5. Melaksanakan terapan IPTEKS, seni dan budaya secara team work dan interdispliner kepada masyarakat.

Sumber : https://kkn.itera.ac.id/