KP (Kerja Praktik)

Kerja Praktik (KP) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan setempat. Kerja Praktik (KP) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. Kerja Praktik (KP) merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah.

Latar Belakang

Pada Kurikulum 2017, Program Studi Teknik Sipil ITERA mengembangkan Program Kerja Praktik (Mata Kuliah Wajib SI 4098) yang bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan/visual pelaksanaan konstruksi dan administrasi suatu proyek kepada mahasiswa sebagai bagian dari upaya memperkenalkan profesi dan pengalaman kerja dalam bidang Teknik Sipil. Lingkup Kerja Praktik dibatasi pada tahap observasi yang diharapkan dapat memberikan wawasan/pengenalan awal bagi mahasiswa terhadap situasi nyata di lapangan. Hal ini dapat dicapai dengan partisipasi dari pihak industri konstruksi dengan memberikan bimbingan akan pekerjaan nyata bidang ke-Teknik-Sipil-an kepada para mahasiswa secara lebih intensif dan terprogram.

Tujuan Kerja Praktik

Dengan latar belakang yang telah dijelasakan pada Sub-Bab 1.1 maka tujuan Mata Kuliah Kerja Praktik (SI-4098) adalah sebagai berikut:

  1. Kerja Praktik bertujuan untuk memberikan pengalaman visual dan pengenalan bagi mahasiswa tentang suatu kegiatan pembangunan fisik yang nyata dan segala aspeknya, yang meliputi aspek kerekayasaan, kontraktual dan administratif, serta pelaksanaannya di lapangan, agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman atas masalah tersebut.
  2. Kerja Praktik bertujuan untuk membina kemampuan dan keterampilan mahasiswa dengan cara melibatkan mahasiswa secara langsung dalam hal pengenalan masalah, pemecahan masalah, team work, koordinasi, penyampaian hasil penyelesaian masalah/tugas dengan komunikasi lisan maupun tulisan dalam dunia kerja di bidang ke-Teknik-Sipil-an.